Jumat, 01 Juni 2018

PENIPUAN AKHIR ZAMAN


PELAJARAN SEKOLAH SABAT
KWARTAL 2 TAHUN 2018
PERSIAPAN UNTUK AKHIR ZAMAN

PELAJARAN 9
PENIPUAN AKHIR ZAMAN


Ayat Hafalan:
“Dan naga besar itu, si ular tua, yang disebut Iblis atau Satan, yang menyesatkan seluruh dunia, dilemparkan ke bawah; ia dilemparkan ke bumi, bersama-sama dengan malaikat-malaikatnya” (Wahyu 12:9).


PENDAHULUAN
1.   Setan bekerja dengan menipu.
2.   Disurga sebelum dia diusir, dia menipu para malaikat:
A.   “Dengan meninggalkan tempatnya di hadapan Allah, Lusifer pergi untuk menyebarkan roh ketidakpuasan di antara malaikat-malaikat. Sambil bekerja dengan diam-diam dan misterius, dan untuk sementara menyembunyikan maksudnya yang sebenarnya dengan berpura-pura tampak menghormati Allah, ia berusaha untuk membangkitkan ketidakpuasan terhadap hukum-hukum yang mengatur makhluk-makhluk surgawi, dengan mengatakan bahwa mereka dibebani dengan pembatasan-pembatasan yang tidak perlu.”—Ellen G. White, Alfa dan Omega, jld. 8, hlm. 518.
3.   Di Eden, dia menyamarkan dirinya menyerupai seekor ular dan menipu Hawa.
4.   Sepanjang sejarah, sampai sekarang ini, dan bahkan setelah milenium, dia akan menipu (Why 20:8) dalam sebuah usaha untuk mendapatkan tujuannya.
5.   Sayangnya, dia jauh lebih pintar, lebih berkuasa, dan lebih rajin daripada kita semua. Itu sebabnya kita perlu berpegang teguh kepada Yesus dan firmanNya untuk melindungi kita dari tipu muslihatnya. “Sedangkan kamu sekalian yang berpaut pada TUHAN, Allahmu, masih hidup pada hari ini” (Ul. 4:4). Prinsip yang dianut di sini, sesungguhnya masih berlaku sampai hari ini, juga.
6.   Pekan ini, kita melihat penipuan Setan yang paling efektif dan bagaimana kita berlindung dari penipuannya.

PENIPUAN-PENIPUAN SETAN YANG PALING EFEKTIF DI AKHIR ZAMAN

1.   PENIPUAN TERBESAR
A.   Yoh. 8:44  Iblislah yang menjadi bapamu dan kamu ingin melakukan keinginan-keinginan bapamu. Ia adalah pembunuh manusia sejak semula dan tidak hidup dalam kebenaran, sebab di dalam dia tidak ada kebenaran. Apabila ia berkata dusta, ia berkata atas kehendaknya sendiri, sebab ia adalah pendusta dan bapa segala dusta.
B.   “Pertentangan Kosmis,” telah melampaui kosmos dan mencapai bumi kita. Masalahnya, Karena banyak orang, termasuk orang-orang Kristen, tidak percaya adanya Setan.
C.   Dua pandangan orang banyak tidak percaya pada keberadaan Setan:
1.   Setan atau kejahatan dianggap ekspresi budaya prailmiah yang mencoba menerangkan kejahatan dan penderitaan di dunia.
2.   Setan dianggap sebagai fiksi ilmiah, mirip dengan Darth Vader dari film “Star Wars“ yang terkenal atau sejenisnya.
D.   Kitab Wahyu menunjukkan kepada kita betapa besar kuasa Setan yang menguasai begitu banyak penduduk bumi pada zaman akhir, tidak hanya menuntun mereka jauh dari jalan keselamatan tetapi juga menganiaya mereka yang tetap setia kepada Yesus (Why. 2:13, 24; 12:3, 7-9, 12, 17; 13:2; 20:2, 7, 10).
E.    Dari semua “perlengkapan” Setan (2 Kor. 2:11)—satu terjemahan dari kata Yunani untuk “pikiran” (noemata)—mungkin “penipuan terbesarnya” adalah menyebabkan manusia percaya bahwa dia tidak benar ada.
F.    Banyak orang Kristen menolak eksistensi Setan secara harfiah, bahkan dalam menghadapi bukti Alkitabiah yang sangat banyak, harus menjadi pengingat yang kuat kepada kita bahwa betapa perlunya kita memahami apa yang Alkitab ajarkan kepada kita.

2.   DUA KESALAHAN BESAR
A.   Penipuan-penipuan Setan di akhir zaman:
1.   2 Kor. 11:13-15 – Menyamar sebagai malaikat terang
2.   2 Tes. 2:9, 10 - mengadakan perbuatan-perbuatan ajaib, tanda-tanda dan mujizat-mujizat palsu, dan rupa-rupa tipu daya jahat.
3.   Why. 12:9; 20:10 - Dia adalah penyesat seluruh dunia
B.   Yesus telah mengamarkan pengikut-Nya tentang penipuan akhir zaman.
1.   Mat 24:5  Sebab banyak orang akan datang dengan memakai nama-Ku dan berkata: Akulah Mesias, dan mereka akan menyesatkan banyak orang. 
C.   Ellen G. White menjelaskan penipuan besar yang akan menuntun kepada dua kesalahan besar manusia pada akhir zaman:
1.   “Melalui dua kesalahan besar—kekekalan jiwa dan kekudusan hari Minggu—Setan membuat orang-orang takluk di bawah penipuannya. Sementara yang pertama meletakkan dasar Spiritisme. Yang terakhir menciptakan ikatan simpati dengan Roma, Protestan Amerika Serikat akan menjadi yang terkemuka mengulurkan tangan melintasi jurang pemisah untuk menggenggam tangan Spiritisme. Mereka akan menjangkau melintasi lubang yang tak terhingga dalamnya untuk berjabat tangan dengan penguasa Roma; dan di bawah persekutuan tiga serangkai ini, negara ini akan mengikuti jejak Roma menginjak-injak hak-hak hati nurani.”—Ellen G. White, Alfa dan Omega, jld. 8, hlm. 618.
D.   Musuh kita dalam pertentangan besar memiliki banyak cara untuk menipu semua yang bisa dia tipu. Sebagai orang Kristen, kita perlu hati-hati terhadap taktik Setan, dan kita dapat melakukannya melalui pengetahuan akan Firman Allah dan apa yang diajarkannya.

3.   KEBAKAAN JIWA
A.   Alkitab menjelaskan “keadaan orang mati” untuk melawan salah satu dari “dua kesalahan besar” manusia pada akhir zaman:
1.   Pkh. 9:5, 6, 10 - orang yang mati tak tahu apa-apa
2.   Mzm. 115:17 – Tidak dapat memuji Tuhan
3.   Mzm. 146:4 – Tidak memiliki maksud/ keinginan
4.   1 Kor. 15:16-18; Dan. 12:2 – Akan dibangkitkan untuk mendapat upah atau hukuman pada saat Yesus datang.
B.   Sepuluh tahun terakhir ini banyak perhatian telah diberikan kepada cerita tentang orang yang telah “mati”— Fenomena Pengalaman Menjelang Kematian (NDEs)-- dalam hal ini jantung mereka berhenti berdenyut dan mereka telah berhenti bernapas—hanya untuk dihidupkan kembali dan kembali disadarkan.
C.   Dalam banyak kasus, banyak dari orang-orang ini telah mengatakan pengalaman yang luar biasa dalam keadaan sadar setelah mereka dianggap telah “mati.”
1.   Beberapa berkata melayang di udara dan melihat, dari atas, tubuh mereka sendiri di bawah.
2.   Yang lain mengatakan mereka melayang keluar dari tubuh mereka dan bertemu makhluk yang luar biasa yang dipenuhi dengan cahaya dan kehangatan dan yang mendukung kebenaran tentang kebaikan dan kasih.
3.   Yang lain mengatakan bertemu dan berbicara dengan kerabat yang telah mati.
D.   Walaupun NDEs tetap kontroversial, banyak orang menggunakannya sebagai bukti kebakaan jiwa dan pemikiran bahwa, pada kematian, jiwa pergi kepada alam lain dalam keadaan sadar.
E.    Tetapi NDEs adalah perwujudan yang lain dari salah satu dari “dua kesalahan besar.” Selama setiap orang percaya bahwa kematian, adalah jiwa pergi kepada kehidupan dalam satu bentuk atau yang lain, orang tersebut terbuka lebar kepada okultisme atau penipuan rohani, penipuan yang dapat dengan mudah mengangkat ide, baik secara terbuka atau melalui implikasi, bahwa Anda tidak membutuhkan Yesus.

4.   SABAT DAN TEORI EVOLUSI
A.   Setan sukses menipu dunia dalam hal kebakaan jiwa, dan dalam mengganti Sabat Alkitabiah kepada hari Minggu.
B.   Teori evolusi adalah penipuan lain yang merenggangkan pegangan Sabat hari ketujuh dalam pikiran manusia.
C.   Kejadian 1-2:3 mengajarkan kepada kita tentang bagaimana Tuhan menciptakan dunia kita dan berapa lama itu dilakukan:
1.   Pertama, segala sesuatu telah direncanakan dan diperhitungkan; tidak serampangan, sewenang-wenang, atau karena kebetulan. Alkitab tidak meninggalkan ruang apa pun untuk hal kebetulan dalam proses Penciptaan.
2.   Kedua, ayat-ayat ini menyatakan dengan jelas bahwa masing-masing ciptaan telah dijadikan menurut jenisnya sendiri, masing-masing dijadikan dengan terpisah dan berbeda dari yang lain. Alkitab tidak mengajarkan tentang leluhur alami yang sama (seperti dari sel yang sederhana) untuk semua kehidupan di bumi.
D.   Evolusi Darwin, dalam berbagai bentuk mengajarkan dua hal: Acak dan satu leluhur yang sama untuk semua spesies.
E.    Sekarang ini banyak yang mengaku Kristen meyakini bahwa teori Evolusi bisa selaras dengan iman mereka, meskipun kontradiksi sangat terlihat. Namun, implikasi evolusi dalam konteks peristiwa-peristiwa akhir zaman membuat bahaya penipuan akan lebih nyata.

5.   TRINITAS PALSU
A.    Wahyu menyatakan satu “trinitas palsu” terdiri dari naga, binatang dari laut, dan binatang dari bumi dari Wahyu 13.
1.   Naga menggambarkan bapa palsu, Wahyu 12:17; 13:1, 2.
a.    Dia yang mengendalikan.
b.   Dia juga memberikan kuasa dan kekuasaan dan satu takhta kepada binatang dari laut, yang satu memalsukan Kristus.
2.   Binatang dari Laut menggambarkan Kristus palsu, Wahyu 13:2-5.
a.    Di samping menerima kekuasaannya dari naga, mengingatkan kepada apa yang Yesus katakan tentang menerima kuasa dari Bapa (lihat Mat. 28:18),
b.   Binatang dari laut ini mengalami, seperti Yesus, kematian dan kemudian kebangkitan (lihat Why. 13:3).
c.    Binatang ini menggambarkan mengerahkan kuasanya untuk “empat puluh dua bulan,” atau tiga setengah tahun, satu nubuatan palsu mengenai pelayanan tiga setengah tahun Kristus, didasarkan pada prinsip satu hari untuk satu tahun.
3.   Binatang dari Bumi menggambarkan Roh Kudus palsu, Wahyu 13:11-17.
a.    Binatang dari bumi mengangkat kepentingan binatang dari laut, sama seperti Roh Kudus dimuliakan bukan untuk diri-Nya sendiri tetapi Yesus (Yoh. 16:13, 14).
b.   Juga, sama seperti Roh Kudus melakukan tindakan yang hebat menurunkan “api” dari langit (Kis. 2:3), binatang yang keluar dari dalam bumi menunjukkan sesuatu yang mirip (lihat Why. 13:13).
c.    “Pada akhirnya, binatang yang keluar dari dalam bumi menunjukkan satu Pentakosta palsu! Untuk tujuan apa? Membuktikan kepada dunia bahwa trinitas palsu adalah Allah yang benar.”—Jon Paulien, What the Bible Says About the End-Time (Hagerstown, Md.: Review and Herald®Publishing Association, 1998), hlm. 111.
B.   Binatang-Binatang ini berasal dari satu kubu yang sama, dan menjalankan proyek yang sama… Ketika Setan meniru Allah, hasilnya tidak hanya menipu dan menodai; itu berbahaya dan menuntun kepada jurang yang dalam.

KESIMPULAN
1.   Setan bekerja dengan cara menipu pada akhir zaman
2.   Tipuan terbesarnya kepada dunia adalah membuat manusia percaya bahwa dia tidak benar-benar ada.
3.   Setan dalam penipuannya menawarkan kebakaan jiwa, hari minggu, teori evolusi, dan trinitas palsu.
4.   Sebagai orang Kristen di akhir zaman, adalah sangat penting untuk mempelajari Firman Allah untuk mengetahui penipuan-penipuan Setan itu dan dapat bersedia bagi kedatangan Yesus.


Download PDF DOC

Tidak ada komentar:

Posting Komentar