Jumat, 19 Oktober 2018

"SUPAYA MEREKA SEMUA MENJADI SATU"


PELAJARAN SEKOLAH SABAT
KWARTAL 4 TAHUN 2018
SATU DALAM KRISTUS

PELAJARAN 3
“SUPAYA MEREKA SEMUA MENJADI SATU”

Ayat Hafalan:
“Dan bukan untuk mereka ini saja Aku berdoa, tetapi juga untuk orang-orang, yang percaya kepada-Ku oleh pemberitaan mereka; supaya mereka semua menjadi satu, sama seperti Engkau, ya Bapa, di dalam Aku dan Aku di dalam Engkau, agar mereka juga di dalam Kita, supaya dunia percaya, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku.”
Yohanes  17:20, 21

Pelajaran sekolah sabat pekan ini menjelaskan kepada kita tentang persatuan didalam doa Yesus.

PERSATUAN DI DALAM DOA YESUS:

      I.          PERSATUAN DIRI-NYA DENGAN BAPA (YOH. 17:1-5)
A.   Joh 17:4, 5 “Aku telah mempermuliakan Engkau di bumi dengan jalan menyelesaikan pekerjaan yang Engkau berikan kepada-Ku untuk melakukannya. Oleh sebab itu, ya Bapa, permuliakanlah Aku pada-Mu sendiri dengan kemuliaan yang Kumiliki di hadirat-Mu sebelum dunia ada.” 

    II.          PERSATUAN MURID-MURID-NYA (YOH. 17:6-19)
A.   Yoh 17:9-11  Aku berdoa untuk mereka. Bukan untuk dunia Aku berdoa, tetapi untuk mereka, yang telah Engkau berikan kepada-Ku, sebab mereka adalah milik-Mu  10  dan segala milik-Ku adalah milik-Mu dan milik-Mu adalah milik-Ku, dan Aku telah dipermuliakan di dalam mereka. 11  Dan Aku tidak ada lagi di dalam dunia, tetapi mereka masih ada di dalam dunia, dan Aku datang kepada-Mu. Ya Bapa yang kudus, peliharalah mereka dalam nama-Mu, yaitu nama-Mu yang telah Engkau berikan kepada-Ku, supaya mereka menjadi satu sama seperti Kita. 

  III.          PERSATUAN ORANG-ORANG YANG AKAN PERCAYA KEPADA-NYA (YOH. 17:20-23)
A.   Yoh 17:20-21  Dan bukan untuk mereka ini saja Aku berdoa, tetapi juga untuk orang-orang, yang percaya kepada-Ku oleh pemberitaan mereka;  supaya mereka semua menjadi satu, sama seperti Engkau, ya Bapa, di dalam Aku dan Aku di dalam Engkau, agar mereka juga di dalam Kita, supaya dunia percaya, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku. 
B.   “Allah sedang memimpin suatu umat untuk berdiri dalam kesatuan yang sempurna di atas panggung kebenaran abadi.... Allah merancang agar umatNya semua masuk ke dalam kesatuan iman. Doa Kristus tepat sebelum penyaliban-Nya adalah agar murid-murid-Nya menjadi satu, sama seperti Dia satu dengan Bapa, agar dunia percaya bahwa Bapa telah mengutus Dia. Doa yang paling menyentuh dan indah ini menjangkau segala zaman, bahkan sampai hari ini; karena kata-kata-Nya adalah: 'Dan bukan untuk mereka ini saja Aku berdoa, tetapi juga untuk orang-orang, yang percaya kepada-Ku oleh pemberitaan mereka.” Betapa orang-orang yang mengaku pengikut Kristus seharusnya bersungguh-sungguh untuk menjawab doa ini dalam kehidupan mereka.”Ellen G. White, Testimonies for the Church, jld. 4, hlm. 17.

 IV.          PERSATUAN DI DUNIA BARU (YOH. 17:24-29)
A.   Joh 17:24  Ya Bapa, Aku mau supaya, di manapun Aku berada, mereka juga berada bersama-sama dengan Aku, mereka yang telah Engkau berikan kepada-Ku, agar mereka memandang kemuliaan-Ku yang telah Engkau berikan kepada-Ku, sebab Engkau telah mengasihi Aku sebelum dunia dijadikan. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar